Beranda / JP News / Pentingnya sanitasi dan higienitas kandang bagi kelinci dan hamster

Pentingnya sanitasi dan higienitas kandang bagi kelinci dan hamster

Share:

Jakarta, 26-02-2022 -Bagi pecinta hewan tentu bukan hal merepotkan bila memelihara hewan kesayangan. Namun, cukup membingungkan bila hewan tersebut sakit dan banyak dari pemilik tidak mengetahui apa penyakit yang diderita si hewan.
Dalam acara webinar yang diselenggarakan platform Hewania.com, bertajuk Serba-Serbi Memelihara Kelinci & Hamster, (26/2/2022), para peserta webinar diberikan pemahaman mengenai hewan peliharaan seperti kelinci dan hamster, Sabtu, 26 Februari 2022.
Ada tata cara tersendiri dalam mengurus kelinci dan hamster yang perlu diketahui pemiliknya. Seperti diungkapkan drh. Anastascia Arysthia A., MPH, hewan kelinci tidak memiliki penyakit yang disebabkan oleh virus, melainkan bakteri dan protozoa. Bakteri yang menyerang kelinci antara lain, kudis, koksidiosis, pasteurellosis, hingga sifilis.
“Munculnya bakteri tersebut dikarenakan sanitasi dan higienitas yang buruk. Cara agar kelinci tidak terserang bakteri adalah dengan membersihkan kandang dengan bayclin atau disinfektan,” kata dokter Anastascia.

Dia juga menekankan mengenai toksoplasma. Banyak orang mengira hewan berbulu seperti kucing dan kelinci dapat menularkan toksoplasma. Hal tersebut pun dibantah oleh dokter Anastascia.

“Toksoplasma itu parasit darah, tidak menular via bulu. Tapi menular dari feses kucing yang teroksidasi lebih dari 24 jam. Perkembangbiakannya hanya di usus kucing. Dari daging kelinci, sapi kemudian dimakan. Kemudian dari kontak darah,” ujarnya.

Jadi, para pemilik hewan peliharaan berbulu disarankan untuk tidak khawatir mengenai penularan toksoplasma melalui bulu kucing ataupun kelinci. Namun tetap menjaga sanitasi dan higienitas dari kandang hewan peliharaannya.

Disamping itu, sebagai platform Tele Advice yang menghubungkan pet owner dengan dokter hewan terpercaya, Hewania.com bisa memberikan solusi kesehatan hewan kesayangan dengan berkolaborasi dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). Pemilik hewan bisa berkonsultasi dengan dokter-dokter hewan terpercaya. Tidak hanya bisa melakukan konsultasi, di platform Hewania juga menyajikan shop untuk berbelanja dan yang terbaru akan segera hadir Super App Hewania.

“Segera hadir aplikasi super app dari hewania yg bisa konsultasi langsung dengan dokter hewan, hewania shop, pet shop and clinic directory,” pungkas Founder dan CEO Hewania, Richard Nathaniel Chandra.

(Slamet)

Lihat Juga

DALAM RANGKA HUT KE-78 JALASENASTRI, LANTAMAL III MENDUKUNG LANGSUNG DALAM LOMBA LINGKUNGAN SEHAT

TNI AL – Dispenlantamal3. Sebagai rangkaian dalam rangka memperingati HUT ke-78 Jalasenastri, dalam hal ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *