Minggu , September 26 2021
Beranda / JP News / Berpikir Positif, Kunci Meraih Ketenangan Hidup

Berpikir Positif, Kunci Meraih Ketenangan Hidup

Foto : Hardy Fardiansya, S.E, S.H, M.M, M.EC., DEV

Oleh: Hardi Fardiansyah, S.E., S.H., M.M., M.Ec.Dev

jejakprofil.Com – Berpikir positif merupakan sikap mental yang melibatkan proses memasukan pikiran-pikiran, kata-kata, dan gambaran-gambaran yang konstruktif (membangun) bagi perkembangan pikiran anda. Tidak semua orang menerima atau mempercayai pola berpikir positif.

Beberapa orang menganggap berpikir positif hanyalah omong kosong, dan sebagian menertawakan orang-orang yang mempercayai dan menerima pola berpikir positif. Kita sering mendengar orang berkata: “Berpikirlah positif!”, yang ditujukan bagi orang-orang yang merasa kecewa dan khawatir. Banyak orang tidak menganggap serius kata-kata tersebut, karena mereka tidak mengetahui arti sebenarnya dari kata-kata tersebut, atau menganggapnya tidak berguna dan efektif.

Menurut saya cara berpikir itulah yang menentukan seseorang menjadi orang yang sukses atau menjadi orang yang gagal. Apa yang kita pikirkan dan itulah yang akan terjadi. Nah, di sini saya ingin mengatakan bahwa otak adalah pabrik pikiran yang menghasilkan gagasan-gagasan. Namun, perlu saya ingatkan kepada kita semua bahwa produksi dalam pikiran kita, ibarat komputer ditangani dua orang prosesor. Siapa itu mereka? Mereka adalah prosesor sukses dan prosesor kegagalan.

Dari dua prosesor di atas, masing-masing memiliki peran dalam berpikir kita antara lain adalah. Prosesor sukses dapat memproduksi gagasan-gagasan positif. Spesialisasinya adalah memproduksi gagasan-gagasan yang akan membuat kita sukses dan berkembang. Sementara prosesor kegagalan hanyalah memproduksi gagasan-gagasan yang negatif. Spesialisasinya adalah menghasilkan gagasan tentang bagaimana anda gagal. Bila kita berpikir gagal, maka batiniah kita akan terpengaruh untuk gagal dan jasmaniah kita akan membuat kegagalan, begitu juga sebaliknya, bila kita berpikir dengan pikiran untuk sukses, maka batin kita akan terpengaruh pada hal-hal yang bagaimana membuat kita menjadi sukses.

Pikiran-pikiran positif atau negatif dalam batin merupakan sinyal bagi dua orang prosesor tersebut. Berpikir positif, membuat sang prosesor sukses terbangun. Kemudian dia dia bekerja keras memproduksi ide-ide positif. Akan tetapi, bila kita senantiasa berpikir negatif, maka professor kegagalan akan bangun dan bekerja mengajarkan kita bagaimana caranya agar kita menjadi orang yang gagal.

Untuk merubah pikiran anda menjadi positif, diperlukan latihan dan kemauan untuk merubah diri anda karena sikap dan pola pikir tidak dapat berubah dalam sekejap.
Kekuatan pikiran merupakan kekuatan dahsyat yang selalu membentuk kehidupan kita. Proses pembentukkan biasanya dilakukan di dalam pikiran bawah sadar kita, namun sangatlah mungkin untuk melakukan proses tersebut secara sadar.

Gunakan kata-kata positif dalam suara hati anda atau ketika anda berbicara dengan orang lain. Tersenyumlah sedikit lebih banyak, karena senyuman akan membantu anda untuk berpikir lebih positif. Saat pikiran negatif memasuki pikiran anda, anda harus mewaspadainya dan menggantikan pikiran tersebut dengan pikiran yang lebih konstruktif. Pikiran negatif akan mencoba memasuki pikiran anda lagi, dan sekali lagi anda harus menggantikannya dengan pikiran positif.

Begitu pula disaat Pandemi Covid-19 ini melanda dunia dan negara kita Indonesia serta membuat komplikasi kemana-mana…berfikirlah positif agar kita selalu sehat dan bahagia dan ambil hikmah dari semua ini….

Terlepas dari keadaan anda saat ini, berusahalah untuk berpikirlah positif. Pikirkan hasil serta situasi yang menguntungkan anda, dan keadaan akan berubah sesuai dengan pikiran anda. Perubahan ini tentunya membutuhkan waktu, namun pada akhirnya perubahan akan terjadi.

Berikut ada 11 cara untuk menghasilkan pikiran positif antara lain adalah:

1. Bersyukur
Jangan berfokus pada apa yang tidak Anda miliki. Cobalah untuk mengingat hal-hal baik yang menjadi milik Anda, ingatlah semua hal baik yang pernah terjadi pada Anda. Bersyukur atas hidup dan menghargai apa yang Anda miliki adalah peraturan pertama untuk selalu berpikir positif.

2. Pilih teman-teman yang suportif
Terkadang, pikiran negatif juga bisa menular. Untuk itu, jangan tempatkan diri Anda di tengah para pengeluh. Lebih baik, pilih teman-teman yang selalu memberikan dukungan, bersemangat, dan berpikir positif setiap hari. Cepat atau lambat, Anda akan merasakan energi mereka mempengaruhi semangat Anda.

3. Hilangkan drama
Punya teman yang ‘beracun’ atau selalu membuat hidup Anda penuh drama? Tinggalkan mereka segera. Berada terus bersama mereka bisa membuat pikiran negatif menempel terus-menerus pada Anda.

4. Ambil tanggung jawab
Ingat, Anda memang tak bisa mengendalikan apa yang akan terjadi. Namun Anda selalu bisa mengendalikan pikiran, perasaan, dan tindakan Anda sendiri. Jadi, ketika ada hal buruk yang terjadi, katakan pada diri Anda: “Aku bertanggung jawab pada perasaan dan pikiranku, dan aku memutuskan untuk merasa bahagia dan tegar.”

5. Ubah ‘tidak bisa’ menjadi ‘bisa’
Ini mungkin membutuhkan latihan, namun jelas bisa berhasil jika Anda tekun menerapkannya. Cobalah untuk mengubah struktur kalimat Anda, yang negatif menjadi positif. Misalkan: “Kenapa pekerjaanku berantakan?” menjadi “Hasil kerjaku kali ini memang tidak memuaskan. Tapi selanjutnya aku pasti bisa lebih baik.” Jika terus diterapkan, hal ini bisa mengubah persepsi Anda.

6. Berbuat baik
Berbuat baik pada orang lain bisa membawa dampak besar bagi Anda. Ingat ketika membantu orang lain memberikan rasa bahagia dan puas? Perasaan itu bisa membuat Anda merasa lebih positif.

7. Lihat sisi baiknya
Setiap situasi selalu memiliki dua sisi jika Anda bisa menemukannya. Untuk itu, cobalah cari sisi positif pada setiap situasi. Lebih fokus pada sisi positif sesuatu akan memberikan kekuatan besar pada diri Anda untuk mengubah keadaan.

8. Istirahat
Setiap orang perlu istirahat dan menenangkan diri sesekali. Istirahat bisa saja berarti memelankan langkah ketika berjalan, merenung sejenak tentang apa yang sudah Anda lakukan, serta menyegarkan pikiran dari rasa khawatir dan cemas.

9. Tentukan tujuan
Menjadi kapten bagi diri dan keinginan Anda sendiri adalah suatu keharusan. Jangan mau terombang-ambing oleh pendapat orang lain mengenai diri Anda. Putuskan apa yang ingin Anda lakukan. Tetapkan standar milik Anda sendiri. Mengikuti jalan yang Anda putuskan sendiri akan memberikan rasa percaya diri yang tinggi.

10. Tertawa
Apapun yang terjadi, jangan lupa untuk menyempatkan diri tertawa. Tertawalah pada humor, film lucu, pada lelucon yang dibuat saudara atau anak Anda. Tertawalah pada diri Anda sendiri. Tawa mampu meredakan stres dan mengingatkan diri Anda untuk tidak terlalu serius ketika ada masalah.

11. Cinta
Apabila hidup kita penuh Cinta kesulitan sebesar apapun akan terasa ringan. Karena cinta menumbuhkan hormon dalam diri manusia untuk berfikir tenang dan positif.dengan cinta manusia kan merasa menjadi sempurna. Tumbuhkanlah rasa cinta dalam hidup kita, insya allah hidup akan menjadi sempurna.

Percayalah bila dalam hidup kita sudah berpikir positif, perubahan besar akan terjadi dalam hidup kita. Karena hidup akan menjadi lebih tenang dalam menghadapi masalah dan problema hidup.

Sebuah masalah tergantung kita bagaimana cara menghadapinya, apabila masalah itu kita berpikir menjadi masalah pasti masalah itu akan semakin melebar dan tidak ada jalan keluarnya. Tetapi apabila masalah tersebut dihadapi dengan pikiran positif dan ketenangan Insya Allah masalah tersebut akan menjadi kekuatan dan dapat diselesaikan dengan sempurna, karena apapun masalahnya pasti ada hikmah positif dibalik itu semua.

Kesempurnaan hanya milik Allah, tetapi berusahalah jalani hidup dengan sempurna karena hidup hanya satu kali, bahagiakanlah hidupmu, keluargamu dan orang-orang yang kita cintai…

Ramadhan membasuh hati yang berjelaga, saatnya meraih rahmat dan ampunan-Nya. Untuk lisan dan sikap yang tak terjaga, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam Bangkit…..Salam Untuk Indonesia……Salam untuk kita semua…..

Hardi Fardiansyah, S.E.,S.H.,M.M.,M.Ec.Dev
Penulis adalah Pengamat Ekonomi, Hukum & Properti serta Motivator dari F & Co.

Share:

Lihat Juga

Jaga Kenyamanan Beribadah, Ratusan Prajurit Kodam IM Bersihkan Masjid Raya Baiturrahman

Jakarta,25-09-2021 – Ratusan prajurit Kodam Iskandar Muda membersihkan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Sabtu (25/9/2021). …

Satu komentar

  1. You have made some really good points there. I looked on the net for more information about the issue and found most people will go along with your views on this website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *