Beranda / Nasional / BIKA Bukukan Pendapatan Sebesar Rp 269,9 miliar

BIKA Bukukan Pendapatan Sebesar Rp 269,9 miliar

Share:

Jakarta, (28/6) – PT. Binakarya Jaya Abadi Tbk. Pada periode 31 Desember 2023, Perseroan berhasil membukukan Pendapatan sebesar Rp 269,9 miliar turun dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 dimana Perseroan mencatatkan Pendapatan sebesar Rp 504,2 miliar. Hal tersebut dikarenakan banyaknya unit yang belum serah terima kepada konsumen. Pada kuartal I tahun 2024, Perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp. 25.6 miliar.Pada Periode 31 Desember 2023, Perseroan membukukan (Rugi) Netto Tahun Berjalan sebesar Rp -44,2 miliar turun dibandingkan periode yang sama tahun 2022 yang mencatatkan Rugi Netto Tahun Berjalan sebesar Rp. -177,9 miliar. Hal ini disebabkan oleh biaya bunga pinjaman yang diakui ditahun 2023 lebih besar daripada tahun 2022. Pada kuartal I tahun 2024 Peseroan rugi sebesar Rp. -29,4 miliar.Pada Periode 31 Desember 2023, Perseroan mencatatkan Beban Pokok Pendapatan sebesar Rp. -121,8 miliar turun dibandingkan periode yang sama tahun 2022 yang mencatatkan Beban Pokok Pendapatan sebesar Rp. -275,2 miliar. Sedangkan pada kuartal I tahun 2024 Perseroan mencatatkan Beban Pokok Pendapatan sebesar Rp. -11,4 miliar

Pada Periode 31 Desember 2023, Perseroan mencatatkan Laba Usaha sebesar Rp 8,4 miliar turun dibandingkan periode yang sama tahun 2022 yang mecatatkan Laba Usaha sebesar Rp. 92,4 miliar. Pada kuartal I tahun 2024 Perseroan mencatatkan Rugi Usaha sebesar Rp. -18,7 miliar.

Melalui Entitas anak PT Mitragama Inti Perkasa, Perseroan mengembangkan landed house atau rumah tapak dengan nama La Palma Grande. Perumahan berlokasi di Cijengkol, Kabupaten Bekasi Jawa Barat dan bekerjasama dengan beberapa Bank Pemerintah dan Bank Swasta.

Setelah sukses membuka dan meresmikan pembangunan pondasi Blok G Cayman Cluster pada tahun 2022 lalu, maka pada awal tahun 2023 La Palma Grande membuka cluster baru yaitu cluster Regia. Cluster ini dirancang sesuai untuk generasi milenial maupun generasi Z.

Kemudian Perseroan melalui Entitas Anak PT Satwika Permai Indah, telah memasarkan juga landed house yaitu Palm Blossom yang terletak di kawasan Palm City, Cengkareng Jakarta Barat sejak quartal ketiga tahun 2017. Selain Palm Blossom Perseroan juga sedang membangun Royal Palm Blossom. PT Satwika Permai Indah menyelesaikan tahap penjualan dan pembangunan kluster residensial Royal Palm Blossom tahap 1 dengan total 140 unit.

Kemudian proses pembukaan penjualan (launching) Royal Palm Blossom tahap 2 direncanakan akan dilakukan pada kuartal ke 4 tahun 2024 ini. Kami menargetkan akan membangun kurang lebih sekitar 400 unit perumahan pada kluster tersebut dengan total lahan mencapai 9 hektar.

Perseroan saat ini juga tengah membangun blok komersil rumah kantor CBD Palm Ekstension 2 yang berlokasi di kawasan Palm City sebanyak 60 unit. Proyek ini ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2024. Pada bulan Oktober 2023 lalu PT Satwika Permai Indah telah melakukan serah terima unit perumahan Royal Palm Blossom tahap I kepada konsumen.

Setelah tahap I selesai maka akan segera dikembangkan Royal Palm Blossom tahap II yang akan dilengkapi dengan fasilitas club house, kolam renang dan berbagai fasilitas lain untuk menunjang aktifitas keluarga.

Selanjutnya juga melalui entitas anak dari PT Palem Indah Permai, Perseroan juga mengembangkan landed house atau perumahan dengan nama The Palm Residence yang berlokasi di daerah Tambun Utara – Bekasi Jawa Barat. Proses pembangunan perumahan ini sudah selesai dan hingga saat ini Perseroan terus melakukan promosi dan penjualan atas unit-unit yang belum terjual. Perseroan juga telah mengakuisisi lahan baru seluas 9 hektar dan akan segera dikembangkan.

Perseroan melalui PT Satwika Permai Indah juga mengembangkan dan mengelola Apartemen Paradise Mansion yang berlokasi di Jakarta Barat. Saat ini Perseroan sedang melanjutkan kembali pembangunan tower 1 apartemen. Perseroan telah menyelesaikan dan meresmikan Sky Garden, jogging track, dan beberapa fasilitas lainnya pada kuartal 1 tahun 2024 ini. Untuk pekerjaan yang sedang berlangsung, kami menargetkan agar dapat menyelesaikan semua unit-unit tower 1C sebanyak 50-an unit, penyelesaian fasilitas kolam renang infiniti Sky Pool, dan memulai pekerjaan finishing unit-unit tower 1B pada kuartal ke 4 tahun 2024 dan direncanakan selesai pada kuartal ke 2 tahun 2025.

PT Satwika Permai Indah juga mengoperasikan Palm Bay Water Park dimana dengan tiket masuk yang ekonomis saat ini semakin banyak pelancong atau wisatawan yang berkunjung ke Palm Bay Water Park. Hal ini tentunya menambah daya tarik kawasan Palm City dan juga menambah pendapatan Perseroan.

Selain project diatas tersebut Perseroan saat ini juga tengah menyelesaikan pembangunan dan memasarkan beberapa project lain seperti Apartemen Pluit Sea View melalui entitas anak PT Binakarya Bangun. Saat ini perseroan tengah menyelesaikan pembangunan lantai 1-5 pada proyek Pluit Sea View dan sudah dilakukan serah terima kepada konsumen untuk unit-unit yang sudah selesai. Kedepannya Perseroan akan membangun bertahap lantai 6-10, 11-15 dan selanjutnya 16-20 dan diharapkan pembangunan dapat selesai dalam beberapa tahun kedepan.

Perseroan juga membangun dan mengelola Apartemen Foresque yang terletak di daerah Ragunan Jakarta Selatan yang dioperasikan melalui entitas anak PT Griya Karunia Sejahtera. Saat ini Perseroan sedang melakukan pendekatan dalam bekerjasama dengan kontraktor dari China untuk menyelesaikan pembangunan apartemen tersebut berserta pembangunan fasilitasnya. Pekerjaan pembangunan ditargetkan akan dimulai pada bulan Juli tahun 2024 dengan durasi pembangunan selama 2 tahun.

Melalui entitas anak PT Binakarya Prima Lestari, Perseroan telah membangun proyek Mutiara Palem Kosambi yang berlokasi di teluk naga, Tangerang. Perumahan ini mempunyai lokasi yang sangat strategis dimana jarak menuju Pantai Indah Kapuk 2 hanya 5 menit dan menuju Bandara Soekarno Hatta hanya 10 menit saja. Perseroan menargetkan untuk menyelesaikan penjualan perumahan cluster Jade pada proyek Mutiara Palem Kosambi sebanyak 77 unit pada kuartal ke-3 tahun 2024 ini dimana pembangunannya sekarang sudah berlangsung dan diharapkan dapat rampung pada kuartal ke 4 tahun 2025. Disusul dengan peluncuran perdana penjualan perumahan cluster Diamond sebanyak 170 unit secara bertahap.

Selanjutnya Perseroan melalui PT Binakarya Agung Propertindo juga membangun dan mengelola Apartemen Cassablanca East Residence. Apartemen yang dibangun di tahun 2007 tersebut sangatlah banyak peminatnya dikarenakan lokasi yang strategis di daerah Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Perseroan juga membangun dan mengelola Bekasi Town Square sebagai pusat perbelanjaan di Bekasi Jawa Barat melalui entitas anak yaitu PT Triputri Natatama. Sampai saat ini kami terus mengembangkan proyek tersebut dengan memperbaiki dan melengkapi dengan fasiltas penunjang seperti bekerjasama dengan berbagai restaurant, coffee shop dan sebagainya.

Selain landed house dan apartment, Perseroan melalui Entitas Anak PT Binakarya Citra Buana mulai mengoperasionalkan sendiri Bogor Valley Hotel yang terletak di Bogor, setelah sebelumnya pengelolaan hotel dijalankan oleh operator hotel. Keputusan untuk mengoperasionalkan Bogor Valley Hotel diambil dengan pertimbangan untuk mengoptimalkan recurring income Perseroan dan kami juga melihat bahwa Bogor juga masih menjadi salah satu destinasi wisata terdekat dari Jakarta. Perseroan juga senantiasa bekerjasama dengan agen travel maupun biro perjalanan dalam mempromosikan hotel serta senantiasa menjaga dan memperbaiki fasilitas pada hotel demi kepuasan tamu atau pelanggan.

Selain Bogor Valley Hotel, Perseroan melalui entitas anak PT. Anaamaya Selaras bekerja sama dengan Swiss-Belhotel International mengoperasionalkan Swiss-Belhotel Tuban Kuta Bali yang merupakan hotel bintang 4 yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Kolam Renang, Spa, dan Restaurant dimana mempunyai lokasi yang strategis di daerah Kuta Bali dan berdekatan dengan pantai.

(Red)

Lihat Juga

Dukung Transformasi Digital di Indonesia, Pegadaian Hadir di Event Tech In Asia Product Development Conference 2024

Jakarta – Sebagai bentuk komitmen terhadap akselerasi transformasi digital di Indonesia, PT Pegadaian ikut serta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *