Beranda / JP News / PELATARAN Memudahkan Pemilik Tanah untuk Mengurus Administrasi Pertanahan Tanpa Perantara

PELATARAN Memudahkan Pemilik Tanah untuk Mengurus Administrasi Pertanahan Tanpa Perantara

Share:

Jakarta – jejakprofil.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah meluncurkan program Pelayanan Tanah Akhir Pekan atau yang dikenal dengan PELATARAN sejak 2022 silam. Program ini dinilai sangat membantu masyarakat karena menjadi solusi dalam proses pengurusan administrasi pertanahan pada akhir pekan.

Baca Juga :

Program Pelataran Kementerian ATR BPN

Sejatinya PELATARAN memang dibuat untuk memudahkan masyarakat. Masyarakat yang sibuk saat hari kerja, sekarang tetap bisa mengurus sertipikat dan urusan pertanahan lainnya pada akhir pekan. Layanan ini diperuntukkan khusus bagi pengurusan yang tidak dikuasakan ke orang lain.

 

Hadirnya PELATARAN pun disambut baik oleh masyarakat. Seperti yang dirasakan Regi Naldi, warga Tangerang Selatan (Tangsel) yang sejak Januari lalu sudah berhasil mengurus penghapusan Hak Tanggungan atau Roya tanpa perantara secara langsung.

Baca Juga : 

BPN Kota Depok Luncurkan Kota Lengkap 1 September 2024, Indra Gunawan Paparkan Keuntungannya

“Datang ke BPN untuk pengurusan penghapusan Hak Tanggungan atau Roya. Pelayanan di BPN Tangsel menurut saya sudah cukup baik, informasi yang diberikan cukup jelas, dan prosesnya juga jelas sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Regi Naldi (06/01).

Menurutnya, dengan pelayanan baik Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan dan ditambah lagi adanya PELATARAN, ia menjadi sangat terbantu. “Jadi memudahkan untuk kami sebagai pemilik tanah untuk mengurus sendiri Roya hingga selesai. Prosesnya diberikan penjelasan dengan baik dan pelayanannya juga dilakukan dengan baik oleh pegawai BPN,” tutur Regi Naldi.

PELATARAN utamanya diimplementasikan pada Kantor Pertanahan yang berkedudukan di Ibu Kota Provinsi. Di samping itu, PELATARAN juga dibuka pada kantor yang memiliki rata-rata jumlah pelayanan di atas 2.000 berkas per bulan. Hal ini adalah wujud komitmen Kementerian ATR/BPN untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat di kabupaten atau kota tersebut yang permintaan pelayanannya sangat tinggi.

Baca Juga :

Tahun 2024, Kementerian ATR/BPN Eratkan Kerja Sama dengan Bank Dunia dalam Transformasi Digital

Sedikitnya, terdapat 107 Kantor Pertanahan di 33 provinsi yang membuka layanan akhir pekan ini. Untuk mengetahui lokasi detailnya, masyarakat dapat melihat daftar Kantor Pertanahan mana saja yang buka pada akhir pekan dengan mengecek link https://bit.ly/InfoPELATARAN.

Seluruh Kantor Pertanahan yang membuka layanan akhir pekan sudah terdaftar dalam link tersebut. Dengan PELATARAN masyarakat dapat mengurus terkait sertipikat dan administrasi pertanahan lainnya pada hari Sabtu-Minggu mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 waktu setempat. (LS/JR)

#AHYMenteriATR

#KementerianATRBPN

#MelayaniProfesionalTerpercaya

#MajuDanModern

#MenujuPelayananKelasDunia

#SetiapKitaAdalahHumas

#SetiapKitaAdalahAmbassador

Biro Hubungan Masyarakat

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/

Badan Pertanahan Nasional

X: http://twitter.com/kem_atrbpn

Instagram: instagram.com/kementerian.atrbpn/

Fanpage facebook: facebook.com/kementerianATRBPN

Youtube: youtube.com/KementerianATRBPN

TikTok: tiktok.com/@kementerian.atrbpn

Situs: atrbpn.go.id

PPID: ppid.atrbpn.go.id

Lihat Juga

DALAM RANGKA HUT KE-78 JALASENASTRI, LANTAMAL III MENDUKUNG LANGSUNG DALAM LOMBA LINGKUNGAN SEHAT

TNI AL – Dispenlantamal3. Sebagai rangkaian dalam rangka memperingati HUT ke-78 Jalasenastri, dalam hal ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *