Beranda / JP News / Pangkoarmada RI Lantik Laksda TNI Hersan Jabat Pangkoarmada III

Pangkoarmada RI Lantik Laksda TNI Hersan Jabat Pangkoarmada III

Share:

Jakarta, 27 November 20123,- Panglima Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, memimpin upacara serah terima jabatan Jabatan Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III) yang diserah terimakan dari Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi kepada Laksamana Muda TNI Hersan di lapangan Arafuru, Mako Koarmada RI, Jakarta Pusat, Senin (27/11.2023).
Pada sambutannya Pangkoarmada RI menyampaikan bahwa wilayah kerja Koarmada III yang meliputi wilayah Indonesia bagian timur, ketahui bahwa situasinya sangat dinamis yang dapat mempengaruhi situsasi politik dan keamanan nasional serta memiliki wilayah perbatasan dengan beberapa negara tetangga, yang tentu saja setiap saat memiliki kepentingan tertentu, belum lagi dihadapkan pada ancaman konflik horizontal serta pelanggaran hukum di laut.
Oleh karena itu, lanjut Pangkoarmada RI melihat karakter wilayah tersebut Panglima Koarmada III harus senantiasa mengantisipasi kemungkinan ancaman potensial dan aktual di wilayah kerjanya, serta harus tanggap terhadap perkembangan situasi keamanan di wilayah kerjanya terutama dalam menghadapi tahun politik 2024 dan kelompok kriminal bersenjata (KKB). Selain itu Pangkoarmada RI juga menekankan dan mengingatkan kepada pejabat baru, disamping tantangan tugas yang ada, juga harus secepatnya beradaptasi dengan lingkungan, menyesuaikan dengan perubahan-perubahan strategis yang ada. di pundak Laksamana lah diletakkan tanggung jawab yang sangat besar dalam menjamin rasa aman dan terselenggaranya kepentingan nasional di wilayah kerjanya.

Usai menjabat Pangkoarmada III, Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi selanjutnya akan menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI. Sedangkan Laksamana Muda TNI Hersan sebelum menjabat Pangkoarmada III menjabat sebagai Sekmilpres Kemensetneg RI.

Riwayat singkat penugasan pejabat Pangkoarmada III baru, Laksda TNI Hersan yang merupakan Lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke 40 tahun 1994, adalah putra kelahiran Toboali, Bangka 7 Juli 1970 dengan karier penugasan pertamanya di TNI AL yaitu di KRI Oswald Siahaan-354 tahun 1994, sampai akhirnya menjadi komandan di beberapa KRI hingga tahun 2014 sebagai komandan KRI Slamet Riyadi-352. Pada tahun 2014-2016 menjadi Ajudan Presiden Joko Widodo dan selanjutnya mengikuti Pendidikan Sesko TNI dan Lemhannas tahun 2022. Jabatan perwira tinggi bintang satu sebelum menjabat Pangkoarmada III yaitu sebagai Asrena Kogabwilhan II dan Komandan Guspurla Koarmada II, kemudian tahun 2022 menjabat sebagai Sekmilpres Kemensesneg dengan pangkat bintang dua atau Laksmana Muda TNI.

Demikan Berita Dispen Koarmada RI

Lihat Juga

Indonesia Tindaklanjuti Hasil Deklarasi Menteri pada World Water Forum ke-10 di Bali

Jakarta – jejakprofil.com  – Perhelatan World Water Forum ke-10 tahun 2024 yang berlangsung di Bali, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *