Beranda / JP News / DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI UPACARA PERINGATAN HUT KE-78 TNI TAHUN 2023

DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI UPACARA PERINGATAN HUT KE-78 TNI TAHUN 2023

Share:

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2023 dengan Inspektur Upacara (Irup) Presiden RI Ir. Joko Widodo bertempat di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (05/10/2023).
Presiden RI dalam amanatnya mengatakan “Pertama-tama atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia dimanapun saudara-saudara bertugas. Terima kasih atas dedikasi, keberanian, profesionalisme dan pengabdian seluruh anggota TNI yang menjadi benteng terdepan pertahanan negara, yang menjadi kekuatan pelindung rakyat, yang menjadi perisai penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), perisai penjaga Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Saya senang kepercayaan terhadap TNI terus terjaga dan selalu menempati urutan teratas berdasarkan hasil survei per September 2023 dengan angka kepercayaan 83 persen sampai 90 persen. Untuk terus dapat menjaga kepercayaan tersebut TNI harus mampu merumuskan secara akurat langkah-langkah dan strategi konkret ke depan di tengah-tengah kondisi dunia yang berubah sangat cepat serta memanasnya geopolitik dunia”.

Selanjutnya Presiden RI menjelaskan “Untuk urusan alat utama sistem senjata (Alutsista), memang modernisasi Alutsista sangat diperlukan tapi keuangan negara sangat terbatas, dan untuk kebutuhan kesehatan rakyat sangatlah besar sehingga belanja Alutsista harus dilakukan dengan bijak baik besarannya maupun peruntukannya. Modernisasi Alutsista harus menjadi bagian penting dari pengembangan investasi industri pertahanan di dalam negeri sehingga harus didorong transfer teknologi, peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan harus diutamakan produksi dalam negeri”.

Sebelum mengakhiri amanatnya Presiden RI menegaskan “Saya ingin mengingatkan dunia saat ini sedang menghadapi krisis utamanya krisis pangan akibat perubahan iklim dan terganggunya rantai pasokan dunia. Duapuluh dua negara sudah melakukan pembatasan dan menghentikan ekspor pangan, untuk itu saya minta seluruh anggota TNI punya naluri, kesadaran dan kepekaan terkait ini karena masalah pangan sangat penting dan penentu stabilitas bangsa. Terakhir, kita telah memasuki tahun politik, saya minta tetap jaga betul kondisi damai, segera padamkan percikan sekecil apapun, berikan pemahaman pada masyarakat bahwa beda pilihan itu wajar, menang dan kalah itu juga wajar, tetap jaga sinergitas dengan Polri, tetap jaga netralitas TNI, tetap pelihara watak-watak ksatria, selalu jadikan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit pegangan dalam bertindak”.

Turut hadir dalam upacara peringatan HUT ke-78 TNI tahun 2023 Presiden RI dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden RI Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin dan Ny. Wuri Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI Prof. Dr. Hj. Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Prof. Dr. Susilo Bambang Yudhoyono, M.A., Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dan Ny. Vero Yudo Margono, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, MSi. dan Ny. Juliati Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. dan Ny. Rahma Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. dan Ny. Fera Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. dan Ny. Inong Fadjar Prasetyo.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Lihat Juga

DALAM RANGKA HUT KE-78 JALASENASTRI, LANTAMAL III MENDUKUNG LANGSUNG DALAM LOMBA LINGKUNGAN SEHAT

TNI AL – Dispenlantamal3. Sebagai rangkaian dalam rangka memperingati HUT ke-78 Jalasenastri, dalam hal ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *