Beranda / Ekonomi / Menteri Teten Dapat Gelar Bapak Transformasi UMKM dari Komunitas UMKM Kuningan

Menteri Teten Dapat Gelar Bapak Transformasi UMKM dari Komunitas UMKM Kuningan

Share:

Kuningan – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendapat penghargaan sebagai Bapak Transformasi UMKM dari seluruh komunitas pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan.

“Penghargaan kepada Bapak Teten Masduki sebagai Bapak Transformasi UMKM ini adalah suara hati pelaku UMKM, yang banyak terbantu usahanya untuk bisa bertahan bahkan berkembang, terutama di masa pandemi berkat transformasi ini baik dari non formal ke formal maupun penerapan digitalisasi,” kata Bupati Kab Kuningan Acep Purnama, saat menyerahkan piagam penghargaan itu kepada SeskemenKopUKM Arif R Hakim yang mewakili MenKopUKM Teten Masduki, di Kuningan pekan lalu.

“Kami masyarakat dan UMKM Kuningan, rindu akan kehadiran Bapak Teten di Kuningan. Mohon disampaikan kepada Bapak Teten, agar secepatnya bisa berkunjung ke Kabupaten Kuningan ini” pesan Acep Purnama kepada Arif R Hakim.

SeskemenKopUKM Arif R Hakim menyatakan apresiasi sebesarnya atas penghargaan ini dan berjanji menyampaikan aspirasi dan kerinduan masyarakat Kuningan kepada Menteri Teten.

“Mewakili MenKopUKM Bapak Teten Masduki, kami menyampaikan apresiasi sebesar-besar nya atas penghargaan ini dan akan kami sampaikan juga keinginan masyarakat dan pelaku UMKM Kab Kuningan untuk bertemu lagi dengan pak Teten,” kata Arif R Hakim.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian Pemkab Kuningan Uu Kusmana, penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi kepada MenKopUKM yang telah memberikan dukungan dan sinergitas program dalam rangka memajukan UMKM di Kuningan.

“Sehingga, pertumbuhan UMKM di Kuningan berkembang pesat, baik dalam kuantitas maupun kualitas. Bahkan, beberapa diantaranya sudah mampu melakukan ekspor,” ungkap Uu.

Penyerahan piagam penghargaan itu dilakukan bertepatan dengan kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) Humas Gerakan Koperasi, Perguruan Tinggi, UKM Expo dan Pesona Kopi Kuningan Menuju Pasar Global, di Desa Wisata Sakerta Timur, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, yang berlangsung pada 17-19 Desember 2021.

Penghargaan diserahkan Bupati Kuningan Acep Purnama kepada Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim, mewakili MenKopUKM Teten Masduki.

Dalam kesempatan itu, Uu Kusmana menjelaskan, banyak manfaat yang diperoleh setelah adanya transformasi UMKM dari informal ke formal, serta penerapan digitalisasi pada bisnis UMKM.

“Dengan transformasi, UMKM bisa mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi, sampai akses pembiayaan ke lembaga keuangan,” imbuh Uu.

Dari sisi pemasaran, UMKM juga bisa masuk dalam marketplace dan menjadi mitra e-Commerce terkemuka di tanah air.

Kabid UMKM Pemkab Kuningan Ucu Sukmawati menambahkan, saat ini jumlah UMKM di Kabupaten Kuningan mencapai 57 ribu pelaku usaha, dimana sudah terbentuk 20 komunitas UMKM.

Satu komunitas, anggotanya bisa mencapai puluhan sampai ratusan pelaku dengan usaha sejenis. Misalnya, Komunitas Kunci, Kuncimas, Solusi Store, Kemuning, dan sebagainya.

“Semuanya terus kami dampingi agar bisa naik kelas. Jenis usahanya pun beragam dari hulu sampai hilir,” pungkas Ucu.

(Red)

Lihat Juga

Indonesia Tindaklanjuti Hasil Deklarasi Menteri pada World Water Forum ke-10 di Bali

Jakarta – jejakprofil.com  – Perhelatan World Water Forum ke-10 tahun 2024 yang berlangsung di Bali, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *